Sabtu, 22 Oktober 2011

NKRI-ku........Ooohhh NKRI-ku........!?!?!?

Artikel ini sangat pas. Maka saya ingin abadikannya disini...
Mungkinkah para petinggi negara masih bisa tersentuh hatinya........

Rakyat Ingin Otsus Papua Dijalankan



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokoh perempuan Papua Hems Bonay mengajak semua komponen masyarakat di Tanah Papua untuk mencari format pembangunan yang tepat. Tujuannya guna menegakkan hak-hak dasar rakyat Papua.
Dia mengajak semua komponen masyarakat Papua untuk menjalankan kesantunan dalam berpolitik. Ia mengaku tidak setuju jika pelaksanaan Kongres Rakyat Papua (KRP) III di Distrik Abepura, Jayapura, diakhiri deklarasi kemerdekaan Papua Barat dan pengibaran bendera Bintang Kejora pada Rabu (19/10).
Menurut Hems, warga Papua dalam berpolitik harus mengacu pada nilai-nilai adat Papua yang diwariskan para leluhur. "Caranya adalah kesantunan dalam menghargai perbedaan pandangan dan menghilangkan kecurigaan kepada niat baik pemerintah dalam menyelesaikan masalah Papua," kata Hems, Jumat (21/10).
Menurut putri gubernur Irian Jaya pertama, Elieser Jan Bonay, itu pemerintah hendaknya menjadikan Papua sebagai wilayah damai dengan segera menyelesaikan inti persoalan di sana. Yakni, kemiskinan, ketertinggalan pembangunan, dan perlakukan ketidakadilan yang dirasakan rakyat Papua.
Ia menyeru masyarakat Papua membangun Papua dengan mengacu pada Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus). Karena itu, Hems berharap aparatur pemerintah di pusat dan daerah untuk menjalankan Otsus secara konsisten dan menyeluruh.
Bukannya, seperti sekarang yang Otsus dilaksanakan setengah hati. Meski dana triliunan rupiah mengalir, tapi karena tidak diawasi penyalurannya maka hanya sedikit pembangunan yang dapat dinikmati rakyat Papua.

2 komentar:

  1. papua memang bagian timur dr indonesia tapi kita harus smakan dg yang lainnx

    BalasHapus
  2. Memang jelas mereka saudara kita juga....Indonesia Raya.

    BalasHapus